Review Novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata

Review novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata. Who is Andrea Hirata? Saya yakin, anda semua sudah tahu siapa penulis yang satu ini. Pak cik Andrea Hirata merupakan penulis asli Indonesia yang karyanya sudah mendunia. Ingat film Laskar Pelangi? Yups, film tersebut diangkat dari salah satu novel karya beliau yang judulnya sama persis, yaitu Laskar Pelangi. Bangganya lagi, novel ini sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa. Bahkan Pak cik Andrea Hirata ini mendapat berbagai penghargaan. Lantas bagaimana dengan “Sirkus Pohon”? Tak salah lagi, novel ini merupakan karya ke-10 Andrea Hirata. Buat saya, novel ini jadi obat rindu akan karya beliau yang selalu saya nantikan. Dan katanya, novel ini akan ada lanjutannya lo!

review novel sirkus pohon

sumber gambar : mizanstore

“Bangun pagi, Let’s go!” -Hob

Sirkus Pohon mengisahkan seorang bujang lapuk kawakan bertitel pengangguran yang bernama Sobri alias Hob (nama top). Dia berteman dengan mafia geng granat yang membuat ia terperangkap dan tak disangka-sangka terciduk polisi. Akibatnya ia tenar secara mendadak sebagai antek-antek mafia geng granat yang dipimpin oleh temannya sendiri yaitu Taripol dan koleganya, Soridin Kebul. Hob malu, ia merasa tertipu! Lantaran hal tersebut, Hob diusir oleh Azizah, sang adik penindas suami, hingga akhirnya Hob tak tahu akan tinggal dimana. Sementara itu, pekerjaan pun Hob tak punya. Kerja tetap yang mana ia harus masuk jam 7 teng, bawa tas, berkemeja dan bersepatu pentofel, ada lemburnya, ada mandornya dan berbagai ketentuan lain seperti apa kata Azizah.

Hob hanya kuli serabutan di Pasar. Ia hanya sekolah sampai kelas dua SMP, alias lulusan SD. Hal itu pun disebut-sebut karena salah pergaulan. Sekolahnya morat-marit lantaran ia berkawan dengan Taripol. Bagaimana bisa seperti itu? You can read it by your self! hihi..

Berbicara tentang Hob, ia memiliki kisah yang sebenarnya unik. Dimana hidupnya berhubungan dengan sebatang pohon di halaman rumahnya. Pohon ini bernama delima. Delima ini menyimpan banyak rahasia. Perkara ini itu tentang Hob, urusannya dengan delima. Banyak sekali yang terjadi pada Hob karena perbuatan delima. Bahkan tentang kisah cintanya.

Nah, ketika hidup Hob semerawut, tak karuan, tak dipercaya dan tak berijazah minimal SMA sederajat, ia dilanda cinta pertama bersama wanita bernama Dinda, Dinda yang sangat menyukai buah delima. Di titik ini merupakan bagian yang paling melekat dalam ingatan saya. Kisah cinta Hob kepada Dinda menunjukan kisah yang penuh perjuangan, penantian, ujian dan kesabaran. Selain kisah cinta pertama Hob dan Dinda, ada pula kisah cinta pertama Tara dan Tegar. Cinta monyet sih, tapi justru memberikan sajian yang indah. Tentang kasmaran, kekuatan cinta, pencarian dalam penantian.

Andrea Hirata menyuguhkan kisah cinta pertama yang lumrah namun megah. Jadi, cerita cinta pertama tak melulu membosankan. Stop! This is so different! Andrea hirata dengan gaya bahasa yang khas dan puitis telah lihai menyulap kisah cinta pertama menjadi kisah yang menyegarkan bagi para penikmat karyanya. Alur cerita dari bab ke bab mengejutkan dan sukses membuat saya penasaran.

Lantas mengapa judulnya “Sirkus Pohon”? Penasaran? Kasih bocoran ga ya? hehe.. Sekali lagi, you can read it by your self. Insya Allah, ga akan nyesel. Because this novel is highly recommended for you.

Kutipan favorit dari Hobri:

“Cinta itu lalu tumbuh sendiri dalam hatiku, tanpa sepengetahuanku, berayahkan musim, beribukan hujan, mengadukan nasib hanya pada angin”. (pg.301)

Identity

Judul                                  : Sirkus Pohon

Penulis                               : Andrea Hirata

Penerbit                             : Bentang Pustaka ; 2017

Jumlah Halaman              : 383 halaman

ISBN                                   : 978-602-291-409-9

Harga                                 : Rp. 69.600,- (Harga normal: Rp. 87.000,-) di mizanstore 12 Des 2017

 

Sekian review novel Sirkus Pohon Karya ke-10 Andrea Hirata, semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!