Review Buku Understanding Business Karya Rendy Saputra

Review Buku Understanding Business – Dari sekian buku yang saya miliki. Buku Understanding Business karya Rendy Saputra ini yang jadi favorit saya. Padahal saya belum bergelut di dunia bisnis masih jadi karyawan sebuah perusahaan. Tapi entah kenapa saya suka dengan pemahaman bisnis seorang Rendy Saputra. Penyampaiannya menghipnotis, seakan perlahan masuk ke alam bawah sadar kita, itu kesan saya setelah membaca buku ini.

review buku understanding businessBuku ini cukup tebal sebanyak 300 halaman lebih dan hanya bisa di dapatkan di Billionire Store secara online harga normalnya lumayan mahal bisa capai 300 ribu lebih. Beruntungnya saya ikutan Pre order yang kalo dari harga normalnya dapat potongan 60% hehe.

Memang buku-buku keluaran Billionaire Store mahal-mahal tapi saya akui isinya daging semua. Ini bukan bagian dari promo hehe, tapi saya sebagai konsumennya memang mengakui hal itu.

Kalo pertama liat ketebalannya walah apa bisa khatam dalam waktu singkat secara buku bisnis tebal pula. Biasanya buku-buku bisnis isinya agak berat yah butuh berpikir gitu hehe. Tapi ini nggak. Menurut saya ini gampang di cerna dan setiap halamannya selalu bikin penasaran pengen terusin baca.

Oya, saya lupa. Mungkin ada sebagian yang belum mengenal siapa itu sosok Rendy Saputra. Karena teman-teman saya pun banyak yang tidak mengenal siapa itu Rendy Saputra. Baiklah tak kenal maka kenalan hehe..

Rendy Saputra adalah CEO di Keke Busana. Kalo Keke Busana pasti tau dong yah. Produsen baju muslim anak yang penuh warna itu.

Disamping bekerja sebagai CEO Rendy Saputra kerap mengisi forum di beberapa perusahaan tentang pengembangan diri dan juga aktif di sosial media fesbuk sharing tentang mindset bisnis.

Ya, dibuku ini pun tidak hanya tentang teknis menjalankan sebuah bisnis saja tapi lebih ke bagaimana membangun mindset seorang leader dalam sebuah organisasi atau owner sebuah perusahaan.

“Setiap tindakan manusia pastilah dilatarbelakangi dengan apa yang ada di dalam pikirannya. Apa yang dia pikirkan menentukan akan apa yang dia lakukan. Apa yang dia rasakan juga melahirkan apa yang dia perbuat.” Hal : 173

Kutipan di atas ada pada bab tentang SDM dan organisasi. Permasalahan yang banyak di alami pemilik usaha adalah karyawan yang keluar masuk. Yang padahal gajinya udah tinggi malah milih keluar. Sebetulnya apa yang harus dilakukan agar karyawan betah terus bekerja di perusahaan tersebut? Disini dikupas mengapa hal itu bisa terjadi dan diberitahu bagaimana cara mengatasinya.

Maka perlu seorang leader atau owner menyelami hati timnya :

  1. Untuk apa mereka bekerja di perusahaan tersebut?
  2. Apa yang mendorong mereka untuk tetap hadir setiap hari?
  3. Apa yang membuat mereka bertahan?
  4. Apa yang sekiranya membuat tim mau bekerja lebih tekun dan keras?
  5. Dan mengapa mereka memilih perusahaan tempatnya bekerja bukan memilih yang lain?

Pertanyaan-pertanyaan diatas dijelaskan dengan sangat baik oleh sang penulis. Penasaran pasti dengan jawabannya hehe. Inilah uniknya Rendy Saputra yang mampu menyelami hati setiap orang, dijawab dari sisi apa yang dirasakan orang lain.

Bagaimana seseorang dapat betah bekerja disuatu perusahaan karena perusahaan tersebut dapat membuatnya bertumbuh, membantu membentuk karakter yang tidak bisa didapatkannya di perusahaan lain dan banyak hal lainnya.

“Kepemimpinan adalah tentang mempengaruhi orang lain, tidak lebih dari itu.” Hal : 209

Ketika seorang pemimpin ingin memberi pengaruh pada bawahannya, setidaknya ada 3 respon yang akan diterimanya :

  1. Komitmen yaitu setuju, antusias, dan penuh inisiatif dalam melaksanakan tugas.
  2. Patuh yaitu sekedar melakukan tanpa antusiasme dan inisiatif.
  3. Perlawanan yaitu menentang, menghindar atau membangkang.

Adapun dijelaskan bagaimana berbahayanya respon poin 2 yaitu kepatuhan yang tanpa gairah antusiasme dapat mematikan organisasi. Bisa digambarkan bekerja seperti zombie. Dan benar itu sering kita temui dalam keseharian. Apa yang dimaksud dengan bahaya kepatuhan layaknya bekerja seperti zombie. Penjelasannya udah lengkap banget di bukunya. Sebetulnya gatel juga pengen jelasin tapi mendingan baca aja bukunya biar lebih puas hehe. Dan bagi pelaku usaha wajib punya buku ini.

Ada bab yang sangat menarik untuk jadi bahan perenungan. Yaitu pada bab Perbuatan, Energi Alam dan Balasan. Disitu dijelaskan bahwa energi yang kita berikan akan kembali pada kita dan nilainya sebanding. Tidak kurang dan tidak lebih. Jika kita melakukan kebaikan, maka kita sedang mengeluarkan energi positif, maka selanjutnya, kita akan mendapatkan hasil usaha positif yang senilai. Jika pun hasil usaha yang tampak belum senilai dengan usaha yang kita lakukan, yakinlah bahwa kita sedang menabung tabungan positif (Hal : 287). Penjelasan Indrawan Nugroho pada Rendy Saputra.

Dan masih banyak bab-bab lainnya yang sebenernya gatel pengen saya kupas, tapi nanti bukan review lagi judulnya hehe.

Secara ga sadar saya pun bisa cepet khatam juga baca buku setebal ini. Soalnya materinya ga ngebosenin. Setiap lembarnya selalu bikin penasaran.

Jadi marilah mulai sekarang kita investasi dari leher ke atas. Karena dengan ilmu dapat membuka wawasan. Ilmu dapat menjaga kita, namun harta kita yang jaga. Sekian untuk review buku kali ini, semoga dapat diambil manfaatnya.

IDENTITY

Judul       : Understanding Business

Penulis    : Rendy Saputra

Penerbit  : Billionaire Sinergi Korpora

Jumlah    : 370 Halaman

ISBN        : 978-602-74777-5-4

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. 1 Januari 2018

    […] dan hanya bisa didapatkan di Billionaire Store yang notabene hanya bisa didapat secara online. Buku Understanding Business adalah salah satu buku tebal yang paling saya sukai. Lain waktu saya akan coba review […]

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!