Review Buku Dua Kodi Kartika Karya Rendy Saputra

review buku dua kodi kartika

Untuk review buku kali ini saya ingin mengulas tentang buku bisnis yang saya miliki. Karena didalamnya tidak hanya mengulas tentang bisnis saja tapi tentang pengalaman penulis akan pembelajaran hidup yang didapatkannya dari sang pemilik. Pembahasannya cukup ringan dan mengalir begitu saja layaknya bercerita.

Seperti yang tertera di cover bukunya, ada 40 kisah pembelajaran hidup pemilik Keke Busana. Di tulis oleh CEO Keke Busana Rendy Saputra yang saat ini dikenal juga sebagai bisnis konsultan. Yang beberapa waktu yang lalu berhasil mengadakan event bertajuk Saudagar Nusantara yang mengumpulkan para pengusaha UKM dari seluruh pelosok negeri.

Rendy Saputra sendiri sudah menuliskan dua buku. Disamping buku Dua Kodi Kartika yang diterbitkan Gramedia, ada juga buku bisnis yang ditulisnya berjudul Understanding Business dan hanya bisa didapatkan di Billionaire Store yang notabene hanya bisa didapat secara online. Buku Understanding Business adalah salah satu buku tebal yang paling saya sukai. Lain waktu saya akan coba review hehe..

Buku Dua Kodi Kartika ini lebih ke perjuangan seorang perempuan dalam membangun sebuah usaha untuk memperbaiki kehidupannya. Awal kisahnya dimulai dari perkenalan Rendy Saputra dengan pemilik Keke Busana Ika Kartika dalam sebuah workshop bisnis.

Yang awalnya Rendy Saputra ini hanya sebagai konsultan bisnis pada Keke Busana kemudian diangkat menjadi CEO untuk Keke Busana hingga sekarang.

40 kisah pembelajarannya adalah kisah sang penulis dalam mengambil pelajaran hidup sang pemilik Keke Busana. Sepak terjangnya, cara berpikir, karakter hingga respon seorang Ika Kartika dalam setiap permasalahan yang dihadapinya.

“Untuk mencapai tingginya kehidupan, sepasang sayap haruslah mengepak bersama -Rendy Saputra-“

Ketika Rendy Saputra bertemu dengan sepasang suami istri dalam pelatihan bisnis yang masing-masing peserta diberi tugas oleh pelatihnya untuk menuliskan sebuah mimpi dalam dreamboard. Sementara peserta lain sibuk dengan dreamboardnya masing-masing, hanya sepasang suami istri inilah yang tidak membuat dreamboard.

Ketika ditanya oleh pelatihnya mengapa sepasang suami istri ini tidak membuat dreamboard. Mereka katakan bahwa mimpinya sudah tercapai semua. Mereka sudah memiliki usaha yang sukses, sudah dapat menyekolahkan anaknya keluar negeri, bisa membeli mobil, rumah yang jadi dambaan bahkan membeli mobil yang lebih mahal sekalipun mereka bisa.

Ada kata-kata yang saya suka banget dari kisah yang ke 8 ini. Kata-kata sang pelatih untuk sepasang suami istri ini.

“Mimpi itu harus mencapai puncak gunung, jangan lereng gunung. Kalau cuma mimpi mencapai lereng gunung, baru sampai lereng sudah capek, mau pulang. Mimpi harus mencapai puncak gunung, supaya punya alasan untuk mendaki.” (Hal : 57)

Mimpi sepasang suami istri itu harusnya bukan hanya untuk diri mereka pribadi namun juga sekitarnya. Bagaimana kesejahteraan karyawannya yang pasti memiliki mimpi untuk memperbaiki hidupnya dan bagaimana kita dapat memberdayakan orang lain memberi manfaat kebaikan untuk orang lain disekitar kita.

Dan siapakah sepasang suami istri itu? Adalah pemilik Keke Busana. Awalnya memulai usaha hanya untuk memperbaiki hidupnya namun kini berharap usahanya dapat memperbaiki hidup orang-orang disekitarnya dan memberdayakan orang lain. Dari situlah akhirnya Keke Busana memulai mimpinya yang baru.

Quote di dalam Buku Dua Kodi Kartika

Itu baru satu dari 40 kisah dan mantep banget pembelajarannya. Sebetulnya setiap akhir kisah ada quote-quote dari sang penulisnya untuk jadi pembelajaran. Saya pilih beberapa yang saya suka dari quote-nya Rendy Saputra dalam Dua Kodi Kartika.

  1. Lakukan apa yang bisa Anda lakukan, sisanya Allah yang akan kerjakan.
  2. Anda hanya akan memanen apa yang anda tanam, rawat, airi, pupuk, dan jaga.
  3. Jangan jadi ayam potong, ada petir dikit langsung koit.
  4. Dari ruang tamu ke dapur itu jauh jika Anda tidak melangkah sama sekali.
  5. Perluas wadah mimpi Anda, agar orang lain bisa menitipkan mimpinya diwadah Anda. Itulah alasan mereka membarengi langkah Anda.

Dan masih banyak lagi sebetulnya quote yang saya sukai dan itu bagus untuk dijadikan mindset, baiknya baca langsung bukunya hehe..

Dan saya salut untuk penulisnya, bagaimana ia dapat memaparkan pengalaman-pengalaman pribadinya selama bersama Ika Kartika sang pemilik Keke Busana dan mengambil poin-poin penting dari setiap peristiwa atau kejadian saat itu. Cara pandang seorang Rendy Saputra yang positif terhadap sesuatu hal dan bisa mengambil pembelajaran untuk ia terapkan dalam setiap langkahnya ke depan.

Namun ada yang saya kurang nyaman dikit sih, yaitu setiap paragraf tulisan dibukunya nggak di buat rata kanan jadinya agak gimana gitu hehe.. Tapi itu ga jadi masalah karena isinya worth it banget. Karena tulisan Rendy Saputra ini biasanya suka bikin jleb dan saya salah satu korbannya hehe..

Mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk review buku kali ini, mari kita budayakan membaca untuk membuka wawasan.

IDENTITY

Judul        : Dua Kodi Kartika

Penulis     : Rendy Saputra

Penerbit   : PT. Gramedia Pustaka Utama

Jumlah    : 280 Halaman

ISBN         : 978-602-03-1444-0

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. V9POKER berkata:

    nah ini baru sebuah tantangan untuk kita semua. terima kasih yah buat informasinya.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!