Peralatan Dasar Untuk Menjahit, Pemula Wajib Tahu!

Peralatan dasar untuk menjahit harus dimiliki karena sangat dibutuhkan untuk kelancaran dalam proses  menjahit terutama bagi pemula. Selain membutuhukan kain dan mesin jahit, dibutuhkan pula peralatan pra-menjahit atau bahkan ketika kegiatan menjahit berlangsung. Apa saja peralatan tersebut? Scroll down yuk! 🙂

Assalamu’alaykum wr.wb.

Yulova bagaimana kabarnya? Senang sekali bisa menyapa kembali. I am back with new topic! Ga aneh  sih, yulians awalnya memang menjual kerudung desain dan produk sendiri, owner sempat ikut kursus menjahit walaupun ga tamat, hehehe. Untuk memanfaatkan ilmu menjahit yang dimiliki, dengan senang hati kali ini insha Allah akan saya bagikan di web ini.

Peralatan Dasar Untuk Menjahit

1. Kertas Pola

Kertas Pola digunakan untuk menggambar pola pakaian dengan ukuran sebenarnya. Bisa menggunakan kertas payung, kertas putih, ada yang menggunakan kertas wajit bahkan bisa memanfaatkan koran. Yang penting pas ngegambar keliatan garisnya 😉

Kertas Pola

gambar : https://www.theworks.co.uk

2. Alat Tulis

Nah lho, ternyata perlengkapan yang satu ini masih saja dibutuhkan oleh emak-emak seperti saya, Lol. Biasanya untuk pemula menggunakan pensil agar mudah dihapus. Kalau sudah betul baru ditebalkan pake spidol. Jadi, siapin pensil, penghapus, spidol/ pulpen warna-warni, minimal tiga warna. Biasanya warna merah, biru dan hijau. Kalau saya pribadi suka-suka aja sih pakainya warna apa, kadang cokelat bahkan pink.

peralatan dasar untuk menjahit

gambar : tokopedia

3. Alat Ukur

Alat ukur yang digunakan yaitu meteran pita untuk mengukur bagian-bagian tubuh dan penggaris yang akan digunakan untuk membuat pola.

meteran pita

gambar : tokopedia

4. Alat Penanda

Dalam membuat atau menjiplak pola ke bahan membutuhkan alat seperti kertas karbon, rader serta pensil/ kapur jahit.

kapur jahit

gambar : aliexpress

5. Gunting dan Dedel

Gunting diperlukan untuk memotong kain dan kertas pola. Ada banyak jenis gunting dan sebaiknya gunakanlah gunting untuk menjahit kain dengan gunting  yang khusus. Adapun dedel adalah alat pembuka kampuh dimana ujungnya terdapat kaitan dan tajam.

gunting kain

gambar : aliexpress

6. Jarum Jahit dan Jarum Pentul

Tidak hanya membutuhkan jarum yang digunakan di mesin jahit, untuk menjahit juga diperlukan jarum jahit yang biasa digunakan untuk menjahit dengan tangan, barangkali diperlukan untuk tusuk jelujur misalnya. Sedangkan jarum pentul digunakan untuk menyematkain kain agar bentuk kain tidak berubah saat dijahit sehingga memudahkan kita untuk menjahitnya.

jarum jahit tangan

gambar : aliexpress

7. Bantalan Jarum

Penggunaan bantalan jarum pun tidak kalah penting dengan peralatan lainnya. Bantalan jarum digunakan sebagai tempat menusukkan jarum agar tidak sembarangan disimpan dimana saja sehingga menimbulkan bahaya. Selain itu juga untuk memudahkan kita ketika bermain dengan pola maupun saat menjahit.

bantalan jarum

gambar : http://elisleri.blogcu.com

8. Setrika

Mengapa setrika? Jangan salah, benda satu ini berperan dalam merapikan bahan atau pun menguatkan lipatan.

Demikian peralatan dasar untuk menjahit yang diperlukan. Banyak perlengkapan lain yang sebenarnya menunjang kelancaran dan kemudahan dalam proses menjahit. Tapi untuk peralatan dasarnya, menurut saya poin-poin di atas pun sudah cukup. Semoga artikel peralatan dasar untuk menjahit ini bermanfaat. Selamat berkreasi yulova!

Wassalamu’alaykum wr.wb

 

BONUS

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!