Mesin Jahit Untuk Pemula atau Penjahit Otodidak

Mesin jahit untuk pemula- Mesin jahit merupakan alat pokok yang digunakan dalam proses jahit menjahit. Termasuk bagi pemula atau pun penjahit otodidak. Nah, yulova sudah punya mesin jahit belum? Bingung mau beli mesin jahit yang seperti apa? Simak jenis-jenis mesin jahit berikut ini lalu pilih yang cocok untukmu!


Assalamu’alaykum wr.wb

Memilih mesin jahit yang akan digunakan oleh pemula mungkin cukup berbeda dengan para profesional. Belum lagi dilanda kebingungan karena masih dalam proses belajar. Sebenarnya mesin jahit seperti apa sih yang cocok untuk pemula? Cek dulu yuk jenis-jenis mesin jahit di bawah ini!

  1. Mesin Jahit Tradisional > Mesin jahit yang satu ini mesin jahit tempo dulu jamannya nenekku, hehe. Cara kerja dari mesin jahit ini biasanya menggunakan bantuan kaki melalui pedal yang diinjak dengan irama tertentu, ciee irama..! Lol. Gerakan tersebut membuat roda mesin berputar dan menarik tali yang melekat pada roda tersebut sehingga mesin jahit bisa berfungsi. Untuk seorang pemula, menggunakan mesin jahit seperti ini akan sedikit paciweuh mula-mulanya karena harus sinkron antara tangan dan kaki. Do u know what I mean? Gitu we lah ya 😀 Tapi lama kelamaan insha Allah lancar, namanya juga belajar, bisa karena biasa. Oh ya, sekarang banyak mesin jahit tradisional  bekas yang sudah dimoderenisasi dengan menggunakan dinamo, cukup injak dan cekgur! Mesin jahit bisa berfungsi.
  2. Mesin Jahit Portable/ Elektrik > Mesin jahit Portable merupakan mesin jahit yang menggunakan tenaga listrik dan sesuai dengan namanya, benda satu ini mudah untuk dipindahkan. Menggunakan meja khusus mesin jahit memang lebih baik, tapi benda satu ini bisa dijingjing kemana aja yang penting disimpan di atas permukaan yang datar dan nyaman digunakan untuk menjahit. Kelebihan dari mesin jahit ini body nya lebih simple dan memiliki banyak jenis tusukan yang bisa kita atur sendiri. Cara pakainya tinggal kita injak saja pedal mesin, dan ngeeeng…mesin bisa berfungsi. Harganya bervarisasi dari yang sangat terjangkau alias murmer sampai yang mahal. Aku pribadi menggunakan mesin jahit jenis satu ini.
  3. Mesin Jahit High Speed > Ini sih menurutku kurang cocok untuk pemula, karena menjahitnya ngadurudud, agak ngebut gitu, harus pakai sabuk pengaman rupa-rupanya, hehe. Biasanya keberadaannya ditemukan di tempat konveksi dan pabrik. Tapi banyak juga para tukang jahit yang menggunakan mesin jahit seperti ini.
Mesin jahit untuk pemula

Masih banyak jenis mesin jahit lainnya seperti obras dan neci, namun yang pokok, mesin jahit untuk pemula yang digunakan  dalam proses belajar menjahit adalah mesin jahit untuk menyatukan kain seperti dijelaskan tadi. Oh iya, mesin jahit portable juga ada yang bisa melakukan pekerjaan semi neci lho, hayooo siapa yang mulai tertarik dengan mesin jahit yang satu ini? Hihi. Aku pribadi cocok dengan mesin jahit portable, mesin jahit satu ini cukup pengertian bagi pemula. Mau diajak slow bisa, ngebut juga oke, punyaku nyedot listriknya kecil dan suaranya halus ga bising. Tapi, apapun mesin jahitnya yang penting jangan lupa minum dan berolahraga ya, kan kita nanti banyak duduk loh mas bro dan mba sis.. 😀

Jangan lupa! Sebelum membeli mesin jahit baca juga: Tips Memilih Mesin Jahit Untuk Pemula

 

Demikian penjelasan seputar mesin jahit untuk pemula. Silahkan direnungkan mesin jahit yang mana yang  cocok untuk kamu terutama kamu para pemula. Semoga bermanfaat dan terimaksih.

 

Wassalamu’alaykum wr.wb

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!