Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi, Penting Mom!

Mengatasi perut kembung pada bayi wajib diketahui oleh para orang tua khususnya para ibu agar bayi dapat kembali merasa nyaman. Bayi nyaman, ibu senang! 🙂

 

Assalamu’alaykum wr.wb.

Selamat datang kembali yulova! Semoga harimu menyenangkan dan penuh berkah ya! Agar harimu lebih menyenangkan, yulians insha Allah akan berbagi pengalaman tentang cara mengatasi perut kembung pada bayi. Are you ready? Keep reading, mom!

Perut kembung pada bayi tentu saja membuat para orang tua merasa cemas karena biasanya bayi tak se-happy hari-hari biasanya. Sebelum mengetahui cara mengatasi perut kembung pada bayi, penting juga untuk mengetahui beberapa penyebab yang membuat perut bayi kembung.

Klik di sini untuk mengetahui penyebab perut bayi kembung.

Jika bayi anda sudah terlanjur dan sudah dipastikan mengalami perut kembung, sebaiknya segera atasi dengan beberapa tips yang mungkin dapat mengurangi perut kembung pada bayi anda. Tips ini berdasarkan pengalaman pribadi dan saran dari dokter spesialis anak yang menangani kesehatan dan tumbuh kembang anak saya.

Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi
  1. Balurkan minyak telon pada perut bayi, pastikan minyak telonnya yang cocok untuk bayi anda ya mom.
  2. Lakukan pijat ringan pada perut bayi. Teknik memijat perut bayi harus hati-hati dan jangan sembarangan. Jika Mom sudah terbiasa melakukan pijat bayi untuk membuat tubuh bayi lebih rileks dan menstimulasi kecerdasan bayi, Mom bisa lakukan itu pada saat bayi kembung. Namun hanya lakukan yang di bagian perut saja. Pijatan yang dapat dilakukan biasanya dengan menempelkan bagian tepi telapak tangan anda dari perut bagian atas ke bawah. Selanjutnya melakukan gerakan seolah memutar searah jarum jam. Selain itu gerakan dengan ke sepuluh jari digerakan setengah lingkaran perut dari kiri ke kanan. Dan terakhir adalah gerakan ILU terbalik. Biasnya masing-masing gerakan dilakukan enam kali dengan tekanan seperti anda menekan kelopak mata, tidak sakit. Saat melakukan pijatan, lihatlah kondisi bayi, jangan dilanjutkan apabila dia menangis semakin keras. Jika bayi dibiarkan menangis terlalu lama, dapat menyebabkan bayi stress.
  3. Telungkupkan bayi di pangkuan anda sambil mengusap bagian punggung, sehingga membuat udara terdorong.
  4. Bantu bayi untuk bersendawa. Sebaiknya biasakan untuk membantu bayi bersendawa setelah bayi menyusu. Bahkan dapat dilakukan pada saat istirahat, misal saat pergantian menyusui dari payudara kiri ke kanan. Hal ini guna udara dalam perut bayi keluar. Caranya dengan memposisikan bayi menempel dan menghadap tubuh kita, wajah bayi bebas menghadap ke belakang, tepuk ringan di bagian punggung bayi.
  5. Menggendong bayi akan membuat bayi merasa lebih nyaman.
Catatan

Jadi itulah cara saya mengatasi perut bayi apabila kembung. Yulova bisa mencari referensi dari sumber lain, karena yang terpenting bayi anda ceria kembali dan tetap aman ya Mom. Nah, ada pesan dari dokter saya waktu itu, bila bayi tetap menangis, terlihat sangat mulas padahal sudah berbagai cara dilakukan agar ia lebih nyaman namun tangisannya tak kunjung berhenti maka bayi harus segera dibawa ke dokter. Naudzubillahimindzalik. Semoga bayi kita semua sehat terus dan tetap ceria ya Mom.

Demikian pengalaman saya dalam mengatasi perut bayi yang kembung. Semoga bermanfaat! 🙂

Wassalamu’alaykum wr.wb

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!