6 Jenis Kain Untuk Bahan Pakaian Yang Bagus

Jenis kain untuk bahan pakaian sangat beraneka ragam, dari mulai yang bahannya jatuh sampai mengembang. Nah, mengenali bahan untuk membuat pakaian ini sangat penting guna kesesuaian dengan model pakaian maupun kenyamanan pada saat dipakai.

Assalamu’alaykum wr.wb

Yulova bagaimana kabarnya? Ada yang masih bingung mau beli bahan pakaian seperti apa? Tenang dulu, buat yang masih bingung mau pilih-pilih kain atau buat kamu yang lagi belajar menjahit pakaian, ada kabar gembira nih, yulians mau berbagi info tentang jenis-jenis kain yang ada di pasaran.

Jenis-jenis Kain untuk Bahan Pakaian:

1. Bahan Katun

Bahan yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita, sangat cocok untuk kamu yang baru belajar menjahit. Bahannya dihasilkan dari pohon kapas, sifatnya lembut, adem dan nyaman dikenakan. Ada banyak jenis katun di pasaran, mulai dari yang polos hingga bercorak.

2. Bahan Sutra

Siapa sih yang nggak tahu kain sutra? Bahannya halus, berkualitas tinggi dan ada kesan mewah. Bahan ini dihasilkan daru tenunan benang yang berasal dari ulat sutra. Harganya relatif mahal namun membuthkan perawatan yang harus lebih hati-hati.

3. Bahan Wol

Banyak sekali beragam bahan wol yang ada di pasaran, ada yang asli tanpa campuran dan banyak juga yang sudah dicampur. Bahan ini berasal dari tenunan bulu domba.

4. Bahan Linen

Bahan yang satu ini mudah kusut namun bersifat menyerap keringat, nyaman digunakan ketika cuaca panas. Karena sifatnya yang mudah kusut, linen sering dicampur dengan bahan lain.

5. Bahan Rayon

Bahan in adem dan nyaman digunakan. Cocok di cuaca panas.

6. Bahan Sintetis

Bahan khusus ini beraneka macam terbuat dari serat sintetis. Kebanyakan bahannya tahan kusut namun tidak menyerap keringat. Ada pula yang menyerap keringat namun ada yang mengerut. Oleh karena itu, cermatlah dalam memilih bahan. Kelebihannya adalah kebergamannya yang membuat harganya bersahabat. Contoh bahan sintetis yang ada di pasaran:

  • Chiffon: bahannya halus, agak menerawang dan jatuh, kebanyakan dipakai untuk membuat blus dan kerudung.
  • Viscosse: Jatuhnya cantik dan teksturnya lembut, bagus lho untuk dibuat gaun.
  • Crepe: Tak mudah kusut, banyak blus dan kerudung yang menggunakan bahan ini.
  • Microfiber: Bahan ini biasanya dibuat dari polyester tenunannya kuat dan padat.

 

Dari setiap jenis-jenis kain untuk bahan banyak juga yang campuran sehingga semakin banyaklah jenis-jenis kain yang ada. Belum lagi di Indonesia ada kain batik, songket dan lain sebagainya. Hanya sebagian kecil saja jenis-jenis kain untuk bahan yang dapat saya bagi disini. Semoga bermanfaat dan terimakasih atas perhatiannya.

 

Wassalamu’alaykum wr.wb

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!